Menu Close

Pelepasan Wisudawan dan Wisudawati Prodi Biologi Fakultas MIPA Universitas Islam Malang Periode ke-72

Malang, Fakultas MIPA Universitas Islam Malang melangsungkan pelepasan wisudawan dan wisudawati periode ke-72 pada Sabtu (6/1/2024). Pada wisuda periode ini, Fakultas MIPA UNISMA mengawali babak baru dalam mempengaruhi milestone Entrepreneurial University. Dekan berharap lulusan prodi Biologi Fakultas MIPA UNISMA berpeluang menciptakan pekerjaan, tidak lagi mengandalkan lowongan pekerjaan.

Universitas Islam Malang memberikan peluang besar bagi masyarakat yang ingin menempuh perkuliahan lebih cepat yaitu melalui penyetaraan pengalaman kerja atau pembelajaran informal dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Untuk itu UNISMA menyelenggarakan RPL untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi yang pada akhirnya adalah pemberian bukti hasil belajar berupa Ijazah.
Wakil Rektor III UNISMA Bidang kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P, dalam sambutannya, menyebut tahun ini jalur RPL sudah bisa dibuka untuk pendaftaran mahasiswa baru UNISMA 2023/2024. UNISMA memfasiltasi rekognisi kompetensi sesuai arahan pemerintah sesuai Permendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 agar mereka bisa mendapat gelar yang diinginkan,” jelasnya. Saat ini, program sarjana, kriteria pendaftar adalah seseorang yang mempunyai pendidikan non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja paling sedikit 1-2 tahun yang dapat direkognisi sebagai sistem kredit semester (sks) mata kuliah. Bisa juga pendaftar yang memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas/sederajat atau pernah menempuh pendidikan program diploma atau sarjana, tapi tidak berhasil menyelesaikan studinya karena masalah non akademik.

× Apa yang dapat kami bantu?