Menu Close

Sinergitas Inovasi dan Implementasi Riset Biologi FMIPA UNISMA bersama MA Ma’arif NU Blitar

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi Universitas Islam malang, menggelar kunjungan ke MA Ma’arif NU Blitar, Kamis (15/03/2024). Sinergitas sekolah dengan Fakultas MIPA menjadi salah satu kunci keberhasilan pengembangan life skill. Mengingat sumber daya yang dimiliki Fakultas MIPA sangat mumpuni sesuai dengan kompetensinya, hal ini dapat membantu mengatasi permasalahan pembelajaran khususnya bidang riset Biologi dan aplikasinya pada siswa maupun guru.

Pada kunjungan ini, FMIPA bersama dengan MA Ma’arif NU Blitar melakukan konsolidasi antar pimpinan, penyampaian program unggulan, penandatanganan kerjasama, penyerahan simbol cinta lingkungan dengan menyerahkan tong sampah dan implementasi pengabdian hasil riset dosen.

Ani Mar’atus Solikhah, S.Hum., M.M. selaku kepala sekolah yang didampingi wakil kepala sekolah dan juga hadir pula kepala sekolah MTS Ma’arif NU Blitar, menuturkan ucapan terimakasih telah menjadi salah satu sekolah tujuan untuk dikunjungi dan keilmuan bapak ibu dosen dapat membantu meng-upgrade keilmuan dan kemampuan kami mengenai implementasi kurikulum merdeka utamanya terkait proyek bagi guru maupun siswa. Harapan kedepan, kerjasama dan silaturahmi tetap terjalin demi mengembangkan generasi NU menuju peradaban dunia.

Dekan, Dr. Dra. Ari Hayati, M.P., dalam sambutannya, memberikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh MA Ma’arif NU Blitar. Beliau menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama berkunjung ke MA Ma’arif NU Blitar, dan sangat bersyukur atas kesempatan ini. Kami berharap dapat menciptakan kolaborasi dan sinergi antara MA Ma’arif NU Blitar dengan Fakultas MIPA khususnya Prodi Biologi UNISMA Malang. Kolaborasi dan sinergi tersebut akan menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru dan siswa terutama sistem kurikulum Merdeka saat ini. Bersama tim kurikulum di Prodi Biologi nanti akan dipaparkan sosialisasi Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) bagi Guru MA dan MTS. Ketua Program Studi, Hamdani Dwi Prasetyo, S.Si., M.Si. menyampaikan model pembelajaran projek based learning selaras dengan gerakan Merdeka Belajar yang memberikan kemerdekaan atau fleksibilitas pada guru dalam mengelola kelasnya. Menurutnya, hal ini memiliki esensi yang sama dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di level pendidikan tinggi.

Materi Pembelajaran berbasis projek juga diberikan langsung ke siswa oleh dosen FMIPA UNISMA Malang melalui pelatihan membuat sabun jelantah atasi cemaran lingkungan disampaikan oleh Ratna Djuniwati, Majida Ramadhan, Gatra Ervi Jayanti. Materi Creativity session (hand) and Biologi opportunity for student disampaikan oleh Sama’ Iradat Tito dan Faisal. Dan materi terakhir yaitu Implementasi pengolahan sampah sister 7R menuju entrepreneur mandiri bagi siswa disampaikan oleh Husain Latuconsina dan H. Saimul Laili. Antusiasme kunjungan ini tidak hanya dimiliki oleh dosen akan tetapi baik guru maupun siswa-siswa utamanya kelas IPA sangat bersemangat saat dosen memaparkan materi pembelajaran berbasis projek dibidang Biologi dan aplikasinya.

× Apa yang dapat kami bantu?