Menu Close

Atmosfer Pemilu Raya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Malang

Pemilihan Umum Raya yang biasa disebut PEMIRA merupakan pelaksanaan kedaulatan mahasiswa di wilayah Universitas Islam Malang untuk memilih pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM-U dan calon anggota DPM-U. Dalam lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bertujuan untuk memilih pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM-F, calon ketua HIMAPRODI dan calon anggota DPM-F.

Serangkaian acara PEMIRA telah terlaksana dengan baik dan tertib, yang dimulai dari pendaftaran calon ketua, pemberkasan, hingga debat kandidat. Debat kandidat dilaksanakan pada Kamis, 07 Desember 2023 yang mana pada saat pembukaan Ketua Pelaksana KPU FMIPA UNISMA, M. Faruq Vikriansyah dalam sambutannya mengutip dari pepatah Arab menyatakan “Syubbanul yaum rijalul ghad  (Orang muda hari ini adalah tokoh dimasa depan) dan berharap siapapun nantinya yang terpilih bisa membawa nama ORMAWA Fakultas MIPA lebih baik kedepannya”. Adapun tujuan dari acara debat kandidat ini yakni memberikan kesempatan kepada calon untuk memaparkan visi, misi, dan memperkenalkan diri kepada seluruh mahasiswa Fakultas MIPA. Acara berlangsung di Hall KH. Hasyim Asy’ari dan diikuti oleh Mahasiswa Fakultas MIPA, Dekanat dan peserta debat yang terdiri dari 1 Paslon Cagub Cawagub BEM Fakultas MIPA dan 3 calon Ketua HIMAPRODI Biologi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar pemungutan suara di belakang gedung Ustman bin Affan yang dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 13.00. Pemungutan suara pada Selasa, 12 Desember 2023 ini merupakan puncak acara dari PEMIRA 2023. Seluruh mahasiswa aktif antusias mengikuti dan berpartisipasi dalam pemilihan. Setelah pemungutan suara ditutup, KPU Fakultas MIPA melaksanakan proses perhitungan suara dengan didampingi BAWASLU pusat serta dengan menghadirkan saksi untuk setiap calon. Berdasarkan hasil perhitungan, dari paslon Ketua dan Wakil Gubernur Fakultas MIPA nomor urut 1 memperoleh 99 suara, dan terdapat 17 suara untuk nomor urut 2 (bumbung kosong), serta 10 suara yang tidak sah. Sehingga dapat ditetapkan bahwa paslon Ketua dan Wakil Gubernur Fakultas MIPA dengan nomor urut 1 yakni Hosiyah dan Muhammad Hafidz Husain merupakan paslon terpilih. Sedangkan pada tingkat program studi, calon nomor urut 1 mendapat 20 suara, calon nomor urut 2 mendapat 78 suara, dan calon nomor urut 3 mendapat 23 suara, serta dengan 5 surat suara yang tidak sah. Sehingga suara terbanyak untuk Ketua HIMAPRODI Biologi diperoleh calon nomor urut 2 yakni Seftya Putri Mahyantika. Besar harapan kami selaku panitia KPU Fakultas MIPA 2023 semoga kandidat yang terpilih bisa amanah, lebih kreatif, inovatif dan dapat bertanggung jawab dengan jabatan yang dipercayakan kepada mereka khususnya untuk menggemilangkan nama baik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Youtube : @fakultasmipaunisma1273
Instagram : biologi.mipa_unisma
Tiktok : @biologi_fmipa_unisma

× Apa yang dapat kami bantu?