Menu Close

Peran Aktif Prodi Biologi FMIPA Unisma Malang pada Rakernas KOBI 2023 di ITB Mewarnai Kepedulian Biodiversitas di Indonesia

Pada Rabu – Kamis, 29-30 November 2023, Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) menggelar rapat kerja Nasional di Institut Teknologi Bandung.
Kegiatan ini diikuti oleh ketua program studi, kepala departemen, hingga pimpinan Fakultas dari program studi Biologi dari berbagai universitas di Indonesia. Tercatat sejumlah 116 peserta yang hadir berasal dari 63 universitas, dari berbagai propinsi di Indonesia, mengikuti rapat kerja Nasional KOBI.

Unisma Malang  (Dekan FMIPA Dr. Dra.Ari Hayati, MP. dan Kaprodi Biologi Hamdani Dwi Prasetyo, SSi.,MSi.) Turut  serta dalam rapat kerja Nasional membahas beberapa isu penting mengenai penguatan rumpun MIPA Biologi melalui lembaga legislatif.
Dengan narasumber , lulusan Sarjana Biologi yang  pernah aktif sebagai anggota DPR yaitu Dr. Drs. Abdul Hakam Naja, M.Si. Membahas peranan penting para ahli biologi dalam memproteksi kekayaan sumber daya hayati di Indonesia dalam jalur legislatif. Selain itu, dalam sesi pertama disampaikan juga materi terkait ilustrasi botani yang disampaikan oleh  Reza Raihandhany, MSi., sosok generasi muda yang aktif di  Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbi).
Dalam materi ini, dikenalkan pembuatan ilustrasi flora maupun fauna, sebagai suatu karya seni (Botany Art). Dalam sesi berikutnya, materi pembelajaran biologi di tingkat SMU juga didiskusikan dalam rapat kerja Nasional yang disampaikan oleh perwakilan MGMP Biologi, Guru dari SMAN 2 Bandung.
Selaras dengan program guru tamu yang disampaikan oleh Prof. Bambang Irawan secara daring, serta dibahas oleh para pendiri KOBI yaitu Prof.Dr. Sutiman Bambang Sumitro dan Prof.Dr. Suwarno. Program ini memfasilitasi dosen dengan jabatan akademik rendah untuk mengaktualisasi diri serta mengembangkan penelitian dan pengabdian di sekolah. Hal ini sebagai wujud kolaborasi antara dunia sekolah dengan akademisi  kampus.
Materi Kurator Hayati juga disampaikan oleh Dr. Slamet Widiyanto, M.Sc., dari Biologi UGM. Kurator hayati kini diakui oleh Kementerian ketenagakerjaan sebagai  profesi pekerjaan bagi lulusan sarjana biologi. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk meraih profesi sebagai Kurator Hayati bagi lulusan biologi sebelum lulus Sarjana strata 1. Selain presentasi oleh para narasumber, dilaksanakan juga workshop pengembangan kurikulum OBE dan MBKM oleh dan Dr. Rodiyati Azrianingsih, M.Sc. Beberapa program studi biologi yang menghadiri turut menyimak dan menyesuaikan Capaian Pembelajaran Lulusan dengan capaian pembelajaran di KKNI, KOBI, dan SSC ASIIN. Penyesuaian ini membantu program studi untuk memudahkan pemenuhan persyaratan akreditasi Nasional dan Internasional.
Workshop terakhir yaitu pengisian borang akreditasi LAMSAMA dengan narasumber Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, M.S., DEA., dari STIH ITB dan  Prof. Dr. Diah Rachmawati, dari Biologi UGM. Narasumber menyampaikan beberapa poin penting yang harus disiapkan oleh program studi dan diisi dalam lembar kinerja program studi. Selain juga menjelaskan penentuan waktu TS, juga disampaikan rencana masa transisi dan dimensi penilaian. Adapun capaian dan luaran tridharma juga merupakan poin penilaian yang penting.

Akhir rapat kinerja Nasional KOBI juga dilakukan pelaporan anggaran oleh Bendahara KOBI, Dr. Dra Ari Hayati, M.P (Dekan FMIPA Universitas Islam Malang). Pelaporan meliputi pemasukan dan pengeluaran anggaran selama bulan Januari – November 2023. Serta dalam penutupan, Ketua KOBI – Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. menyampaikan tentang lokasi Rapat Kerja Nasional berikutnya tahun 2024 di Universitas Negeri Padang Sumatera Barat. *)Penulis: Hamdani Dwi Prasetyo, Kaprodi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Malang (UNISMA).

Instagram: https://www.instagram.com/p/C0S6OfrLcVW/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA%3D%3D&img_index=1
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCSYyk23mpsHKJyvXi7TsusQ

× Apa yang dapat kami bantu?