Menu Close

Lolos Seleksi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal, Ternyata Jangkrik Memiliki Peran Ini…

Ditengah berbagai berita dari dunia pendidikan yang telah menguasai media. Mulai dari siswa, guru, mahasiswa serta civitas akademik lainnya. Sebuah berita hangat datang dari seorang Dosen Universitas Islam Malang dalam program Akuisisi Pengetahuan Lokal Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Repositori, Multimedia dan Penerbitan Ilmiah. 
Sebut saja Dr. Sama’ Iradat Tito, S.Si., M.Si. yang merupakan Dosen di Universitas Islam Malang sekaligus menjadi Ketua Inkubator Bisnis di Kampus Hijau tersebut. 
Hasil Seleksi Naskah Bab Buku Bunga Rampai Program Akuisisi Pengetahuan Lokal Tahun 2023 diumumkan pada 10 November 2023. Berdasarkan hasil seleksi, bab buku bunga rampai yang lolos seleksi dan diterima sejumlah 22 naskah yang terdiri dari 5 judul untuk buku bidang kesehatan, dan 17 judul untuk buku bidang pangan. Salah satu judul yang diterima adalah hasil karya Dr. Sama’ Iradat Tito, S.Si., M.Si. 
“Implikasi Gelombang Ultrasonik Jangkrik bagi Nyamuk dan Serangannya” merupakan judul artikel bab yang merupakan hasil penelitian dari Dr. Sama’ Iradat Tito, S.Si., M.Si. yang kemudian menjadi bagian dari buku “Dinamika Penyakit Tular  Vektor Nyamuk di Indonesia” dalam program Akuisisi Pengetahuan Lokal.
Hasil karya tentang gelombang ultrasonik Jangkrik ini tentu sangat menarik perhatian. Pasalnya, suara Jangkrik yang terdengar oleh kebanyakan orang sebagai suara yang begitu bising ternyata memiliki peran yang cukup bermanfaat untuk mengendalikan hama nyamuk.
Dalam artikel tersebut Dr. Sama’ juga menjelaskan bahwa gelombang ultrasonik Jangkrik dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan hama nyamuk yang merupakan vektor penyakit. Pemanfaatan gelombang ultrasonik merupakan penerapan konsep fisika dengan pendekatan konsep biofisika yang menggunakan prinsip gelombang untuk pengendalian hama yang ramah lingkungan. Pengetahuan ilmiah selalu menjadi berita segar ketika semakin digali. Siapa sangka gelombang ultrasonik dari jangkrik memiliki peran yang luar biasa bukan?

Link : https://penerbit.brin.go.id/press/announcement/view/22

× Apa yang dapat kami bantu?