Menu Close

KOLABORASI NEXT LEVEL : BEM FAKULTAS MIPA UNISMA GELAR WEBINAR NASIONAL BELA NEGARA DAN PELUANG NETWORKING

Sabtu, 9 September 2023, BEM Fakultas MIPA UNISMA telah menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional Bela Negara yang bertemakan “Peran Mahasiswa Dalam Mencegah Radikalisme Sebagai Aktualisasi Kebhinekaan Dalam Bela Negara”. Seminar ini dilaksanakan secara daring berkolaborasi dengan BEM ITSK (Institut Teknologi Sains dan Kesehatan) RS dr. Soepraoen , acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Dekan Fakultas MIPA Dr. Dra. Ari Hayati, M.P. dalam sambutannya, Dekan mengatakan “Dari sudut pandang ahli Biologi, Bela Negara diwujudkan dengan kepedulian melestarikan kekayaan megadiversitas di Indonesia, hal ini sudah diimplementasikan sebagai wujud karakter dari mahasiswa Biologi UNISMA. Harapan kedepan Fakultas MIPA bersama ITSK RS dr. Soepraoen tercipta kerjasama kelembagaan dalam hal riset, pengabdian ataupun kegiatan akademik maupun non-akademik” . Webinar ini diikuti tidak hanya oleh mahasiswa saja, tetapi terdapat peserta di tingkat sekolah menengah keatas.  Sebanyak kurang lebih tiga ratus peserta dengan antusias mengikuti acara ini dari berbagai instansi, seperti dari Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Sunan Ampel Surabaya, Universitas Haluoleo hingga Universitas Kalimantan Selatan.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Mayor CKM Elviato Wihatno, S.Pd., S.Kep., M.Kes. selaku Wakil Rektor 3 ITSK Dr. Soepraoen dengan materi yang bertemakan “Bangkit untuk Bela Negara dan Mencegah Radikalisme bagi Generasi Milenial”. Pemaparan materi pertama ini berisi tentang Ideologi Pancasila saat ini yang sedang mengalami tantangan dari dalam maupun dari luar. Kesan pertama yang disampaikan oleh Bapak Mayor “Pengalaman pertama dan bangga dapat berkolaborasi dengan Fakultas MIPA UNISMA”. Pada pemateri kedua, materi disampaikan oleh Muis Andhika, S. Psi., S. M., M.M. selaku Ps. Paur Subbag Faskon Baglog Polresta Malang Kota dengan dengan tema “Aspek Psikologi dalam Bela Negara pada Masyarakat”. Secara garis besar materi kedua membahas tentang aspek psikologi dalam Bela Negara dari sudut pandang psikologi sosial. Setelah semua materi telah disampaikan oleh pemateri, seluruh panitia memilih peserta yang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan selama Webinar berlangsung. Panitia memilih dua peserta untuk menjadi peserta terbaik dan memenangkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Ketentuan dalam memilih peserta terbaik yakni dengan aktif bertanya, aktif menjawab, mengaktifkan fitur on cam, dan mematuhi seluruh tata tertib dari awal sampai berakhirnya Webinar. Setelah memilih dua peserta terbaik, dilanjutkan penutupan oleh moderator dan foto bersama panitia serta peserta Webinar Nasional Bela Negara.

Apresiasi kepada panitia yang tergabung dalam terselenggaranya acara dan harapannya bahwa Indonesia Negara yang kaya, yang wajib dijaga bersama dengan seluruh komponen Bangsa sebagai upaya Bela Negara. Hindari hal-hal yang bisa menjadikan degradasi bangsa sehingga menjadikan perpecahan terhadap bangsa. Sadari bahwa kita Indonesia yang kaya, Indonesia satu yang memiliki keberagaman yang harus kita jaga bersama-sama. “BERAPAPUN BESAR BIAYA DAN RESIKONYA, KEUTUHAN NKRI HARUS DIJAGA” Gus Dur.

× Apa yang dapat kami bantu?