Menu Close

RUMAH EDUKASI HALAL CARA ALTERNATIF MEMBUAT SERTIFIKAT HALAL

Universitas Islam Malang menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur yang memiliki banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, salah satunya adalah Program Rumah Kreatif Mahasiswa (RKM). Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA UNISMA yang diketuai oleh Yosni Ayu bersama empat anggotanya yaitu Lailatuz Zakia, Firadika, Aulia Fadila dan Dwi Ifani yang merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dibawah bimbingan Dosen Biologi Fakultas MIPA, Majida Ramadhan, S.Si., M.Si. berhasil lolos pendanaan program unggulan Rumah Kreativitas Mahasiswa (RKM) tahun 2023. Program RKM ini mengambil tema Rumah Edukasi Halal yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai Halal terutama Proses Produksi Halal untuk produk makanan dan minuman serta sertifikasi halal melalui jalur Self Declare.

Diawali dengan mengedukasi hal-hal mendasar seperti perubahan logo Halal terbaru saat ini, seperti yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini mengenai berubahan logo Halal terbaru.

Hal tersebut dilakukan karena di Indonesia masih banyak orang yang belum memahami pentingnya sertifikasi halal suatu produk baik makanan maupun minuman. Halal sendiri menjadi standar mutu yang menjamin suatu produk benar-benar aman untuk dikonsumsi. Sementara bagi umat islam, halal tidak sekedar jaminan mutu, akan tetapi juga sesuai secara syariat Islam. Selain itu tidak semua bahan baku pangan serta pengolahan  memenuhi standart halal, sehingga membuat produk rentan menjadi tidak halal. Sehingga Program RKM di bergerak untuk mengedukasi masyarakat mengenai Halal. Selain mengedukasi terkait logo halal Tim RKM ini juga mengedukasi masyarakat sasaran mengenai bahan dan proses produksi halal baik produk makanan dan minuman. Kesadaran individual untuk berprilaku halal ini diikuti gerakan kolektif membangun kehidupan yang lebih baik dengan standar, prinsip, dan nilai yang relevan dengan tuntutan syariat islam. Program Rumah Kreativitas Mahasiswa (RKM) ini menjadi wadah masyarakat sasaran untuk mempelajari halal dan membantu masyarakat sasaran untuk mendapatkan sertifikat halal. Program Rumah Kreativitas Mahasiswa ini dilaksanakan di halaman mushollah An-Nur Merjosari Joyo Mulyo dan masyarakat yang menjadi sasaran dalam penyuluhan Halal ini yaitu ibu-ibu PKK Joyo Mulyo. (NJM)

× Apa yang dapat kami bantu?