Menu Close

Membentuk Legislator Muda yang Kritis dan Amanah Menuju Kampus yang Berintegritas

Sabtu (27/11/2021) Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Malang menyelengarakan kegiatan Sekolah Legislatif (Talk show Legislatif) yang pertama pada tahun 2021 secara daring (online). Acara yang dilaksanakan pertama kalinya oleh DPM FMIPA UNISMA ini, mengusung tema “Membentuk Legislator Muda yang Kritis dan Amanah Menuju Kampus yang Berintegritas” dengan tujuan sebagai wadah mahasiswa dalam menambah pengetahuan yang berkaitan dengan legislasi.

Acara yang berlangsung melalui media Zoom dan diikuti sekitar 50 Mahasiswa ini diisi oleh narasumber, yaitu M. Zaini S.Th.I yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat di wilayah Kab. Kediri.

Pada Talk show tersebut M. Zaini menyampaikan bahwa kegiatan Talk show Legislatif ini sangat penting sebagai upaya pembelajaran di dalam kampus terkait dengan sistem pemerintahan. Fungsi adanya lembaga Eksekutif didasari bahwa lembaga yang ada didalam kampus memilki keterbatasan dalam hal mengendalikan, menata, dan memanagemen. Sehingga perlu adanya upaya ntuk membentuk lembaga eksekutif mulai ditingkat fakultas hingga prodi dapat berjalan dengan baik. Dan agar bisa berjalan dengan baik lembaga ini tidak mampu dikendalikan sendiri sehingga butuh lembaga legislatif dalam rangka untuk membantu dan mengambil peran agar lembaga-lembaga yang berada di dalam kampus dapat berjalan lebih sistematis, efektif dan lebih terorganisir. “ujarnya.

Ketua pelaksana Sekolah Legislatif 2021. M. Taufiq Abdul Ghoni, menyatakan bangga dan berterimakasih dengan lancarnya kegiatan ini serta para peserta yang aktif.

“Alhamdulillah acara dapat terlaksana dengan lancar berkat panitia dan semua pihak yang terlibat dalam acara ini, dan terimakasih untuk para peserta atas antusiasme dari seluruh mahasiswa umum. Harapan saya semoga dengan adanya sekolah legislatif ini, peserta bisa mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat dan acara ini dapat terselenggara kembali ditahun depan” tutur M. Taufiq.

Harapan ketua umum DPM FMIPA UNISMA (Shafyan Khairus shaleh) mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas MIPA UNISMA lebih memahami lagi mengenai fungsi dan wewenang lembaga legislatif juga dapat mengembangkan pola pikir mahasiswa dalam hal legislatif demi kemajuan dan keharmonisan organisasi tersebut.

Dengan ini kami menyelengarakan sekolah legislatif ini agar dapat membantu memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai lembaga legislatif tersebut. Mengapa demikian? Karena pada era sekarang ini banyak dari teman-teman mahasiswa yang belum faham mengenai lembaga legislatif dan juga akan kurangnya pemahaman dari teman-teman mahasiswa itu sendiri mengenai apa itu lembaga legislatif serta bagaimana agar mahasiswa tidak memandang sebelah mata dari semua oraganisasi yang ada di tingkat fakultas. “Ujarnya. Dan yang terakhir, saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman ORMAWA Fakultas MIPA (BEM, BSO, HIMAPRODI) dan juga media pathner (DPM Fakultas Teknik, DPM Fakultas Kedokteran, DPM Fakultas Hukum, DPM Fakultas Agama Islam, DPM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, DPM Fakultas Ilmu Administrasi, DPM Fakultas Pertanian dan DPM Fakultas Peternakan) yang sudah mensupport acara ini dan tanpa support dari kalian mungkin acara ini tidak akan berjalan dengan lancar.”Tutupnya.

× Apa yang dapat kami bantu?