Profil

Sumber Daya Manusia

Diperbaharui tanggal: 18 Mei 2017

SUMBER DAYA MANUSIA (DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN)

     Program studi Biologi fakultas MIPA Unisma memiliki sumber daya manusia   Dosen dan tenaga kependidikan saling berkaitan dalam menyelenggaakan kegiatan-kegiatan akademik seperti pendidikan/pengajaran , penelitian, pengabdian masyarakat.

 

 

 

 

  1. 1.    Sistem Perekrutan dan Seleksi Penerimaan Dosen (Tenaga Pengajar) dan Tenaga Pendukung

     Upaya penugasan tenaga pengajar dilakukan oleh program studi berdasarkan SK Dikti No. 347/Dikti/Kep/1998,denganprosedur pengangkatan sebagai berikut:

1)      Dosen tetap diangkat oleh ketua Yayasan dengan surat keputusan

2)      Dosen tidak tetap diangkat Dekan dengan surat keputusan

3)      Dosen tamu diminta Dekan dengan surat undangan

4)      Adsisten dosen diangkat Dekan dengan surat Penugasan

Syarat penerimaan dosen tetap program studi Biologi fakultas MIPA:

1)      Diutamakan S-2 dengan program studi atau bidang keahlian yang sesuai dan IPK minimal 3.00

2)      Diutamakan yang memiliki pengalaman mengajar selama 2 tahun diprioritaskan memiliki kepangkatan akademik

3)      Memiliki komitmen tinggi sebagai pendidik dan mamiliki sikap dan berjiwa pendidik dan Ahlussunnah wal jama’ah

4)      Berdomisili di Malang

     Pola penjaringan yang dilakukan terhadap dosen juga berlaku bagi tenaga kependidikan seperti tenaga perpustakan, instruktur laboratorium (laboran) dan teknisi. Perbedaan terletak pada test kemampuan yang lebih menekankan pada kemampuan ketrampilan (skill). 

  1. 2.    Pengelolaan Dosen dan tenaga Pendukung

     Pengelolaan dosen tetap program studi Biologi FMIPA secara organisatoris kelembagaan berstatus sebagai dosen fakultas MIPA, sedang secara fungsional akademis dikelola oleh program studi Biologi Fakultas MIPA Unisma, sedangkan tenaga kependidikan merupakan karyawan fakultas MIPA. Akan tetapi jabatan tenaga kependidikan program studi Biologi terkait dengan/dan bagian dari struktur dan jenjang di tingkat Universitas, sehingga pengembangan karir struktural tenaga kependidikan terkait dengan program pengembangan karir tingkat universitas.

  1. 3.    Profil Dosen Dan Tenaga Kependidikan
  2. a.    Profil Dosen

     Komposisi dosen tetap sejumlah 8 Dosen . berdasarakan latar belakang pendidikan menunjukkan bahwa dosen kualifikasi Doktor (S-3) sebanyak 1 orang, sebanyak 7 orang berpendidikan jenjang strata-2 (S-2) dan tidak ada dosen yang berpendidikan strata 1 (S-1). Komposisi dosen berdasarkan kepangkatan menunjukkan bahwa dosen yang memiliki kepangkatan Lektor Kepala sebanyak 3 orang, Lektor sebanyak 3 orang, dan 2 orang dosen baru sedang proses pengurusan kepangkatan untuk mendapatkan jabatan fungsional.

  1. b.   Profil Tenaga Kependidikan

     Profil tenaga pendukung pada program studi Biologi terdiri atas 3 orang berpendidikan Strata 1, yaitu 2 orang melayani adminstrtif di fakultas MIPA, dan 1 orang di laboratorium. 20 orang berpendidikan strata 1 (S-1) yang melayani seluruh mahasiswa diunisma sedangkan 1 orang berpendidikan D3 perpustakaan yang melayani mahasiswa di unisma dan 11 orang berpendidikan SMU/SMK yang terdiri sedangkan sisanya melayani seluruh mahasiswa Unisma. Dari sisi jumlah tenaga kependidikan yang dimiliki sudah memenuhi kebutuhan dan dari sisi kualitas tenaga kependidikan yang dimiliki telah memenuhi kualifikasi sehingga dalam menjalankan fungsi administrasi yang ditinjau dari segi kecukupan telah diperoleh angka yang memadai.

  1. c.    Kecukupan Dosen dan tenaga Kependidikan

     Berdasarkan rasio dosen dengan mahasiswa 1 : 18,75 masih dibawah standar yaitu 1: 20 untuk eksakta, komposisi dosen yang ditinjau dari segi kecukupan dosen menunjukkan bahwa dosen pada Program studi Biologi sejumlah 8 orang memenuhi kebutuhan untuk mendukung kinerja Program studi dengan jumlah mahasiswa 150. Demikian juga untuk tenaga kependidikan yang dimiliki jumlahnya 38 memenuhi kebutuahan di seluruh Unisma.

  1. 4.    Karya Akademik Dosen (Hasil Penelitian dan Karya Lainnya)

     Karya akademik dosen tetap PS Biologi selama 3 tahun terakhir (TA 2010/2011, s/d TA 20113/20114) menunjukkan jumlah yang relatif cukup produkstif. Karya akademik yang telah dilakukan berupa hasil karya ilmiah yang dipresentasikan pada seminar tingkat lokal/institusi dan regional sebanyak 4, karya ilmiah yang dipresentasikan pada seminar internasional sebanyak 9, karya ilmiah yang dipublikasikan /diterbitkan pada jurnal tingkat lokal sebanyak 50 , karya ilmiah yang dipublikasikan /diterbitkan pada jurnal tingkat internasional sebanyak 9. Buku yang dicetak oleh penerbit maupun berbentuk diktat kuliah/praktikum  yang dipakai oleh mahasiswa PS Biologi sebanyak 20

  1. 5.    Peraturan Kerja Dan Kode Etik Kerja

     Dalam menjalankan segala kegiatan bagi civitas akademika PS Biologi, berpedoman pada kode etik dan peraturan kerja yang tercantum dalam peraturan-peraturan Universitas Islam Malang antara lain:

  1. Peraturan kepegawaian yang memuat hak dan kewajiban keryawan
  2. Pedoman pembimbingan akademik dan pembimbingan skripsi, dan kode etik dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  3. Pedoman akademik, yang memuat peraturan akademik dan disiplin mahasiswa.
  4. 6.    Pengembangan Staf
  5. a.    Pola pengmbangan dosen (tenaga pengajar)

Sitstem pengembangan dosen tetap meliputi pengembangan karir akademis dan pengembangan karir non akademis dosen.

1)      Peningkatan kualitas pengajaran melalui loka karya, pelatihan, workshop, technical assistance

2)      Peningkatan kualitas doesn dalam pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat melalui pelatihan di dalam kampus maupun di luar kampus.

3)      Studi lanjut bagi dosen kejenjang S-2 dan S-3

b. Mengikut sertakan dosen dalam kegiatan simposium, workshop, seminar, loka karya, studi banding serta pelatihan-pelatihan baik di dalam maupun di luar kampus.

b.pola pengembangan tenaga kependidikan

     Pembinaan tenaga kependidikan dilakukan seiring dengan kebutuhan Fakultas MIPA, yang metupakan cerminan dari kebutuhan program studi. Diantaranya dilakukan dengan:

1)      Pelatihan melalui Non Degree Tranning(NDT) ke lembaga atau institusi lain

2)      Mengikut sertakan tenaga kependidikan dalam workshop maupun seminar untuk meningkatkan kinerja

3)      Menghadirkan narasumber untuk pelatihan karyawan

4)      Pembinaan karir karyawan melalui jenjang kepangkatan administratif

     Sedangkan untuk pembinaan kedisiplinan dilakukan oleh Wakil Dekan II Fakultas MIPA berdasarkan ketentuan yang berlaku, diantaranya melalui:

a)      Presensi kehadiran

b)      Kuesioner umpan balik dari kepuasan mahasiswa terhadap kinerja karyawan

c)     Dialog dengan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang menyampaikan aspirasi dan keluhan-keluhan mahasiswa terhadap layanan tenaga kependidikan

d)     Bila terjadi pelanggran akan diberikan sanksi berupa teguran,peringatan tertulis kepada tenaga kependidikan

7. Keberlanjutan Pengadaan SDM dan Pemanfaatannya

     Dalam rangka mendukung kinerja PS dan mendukung kinerja Fakultas MIPA, maka keberlanjutan terhadap pengadaan SDM dilakukan dengan melihat kebutuhan dan tuntutan perkembangan dunia ilmu pengetahuan serta pengembangan organisasi. Dengan demikian PS senantiasa melakukan evaluasi terhadap sumber daya yang ada agar dapat mendukung kinerja dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Demikian halnya terhadap tenaga kependidikan juga ditingkaatkan kompetensinya baik melalui pendidikan bergelar maupun non-gelar sesuai dengan pemanfaatannya berdasarkan perencanaan yang telah dilakukan sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan stakeholder.