Profil

Visi dan Misi

Diperbaharui tanggal: 17 Desember 2016

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

  1. 1.    Rumusan Visi Program Studi yang Konsisten dengan Visi Lembaga

Visi Universitas Islam Malng (UNISMA), yaitu : menjadi Universitas unggul bertaraf Internasional, berorientasi masa depan dalam IPTEKS dan budaya, untuk kemaslahatan umat yang berakhlaqul karimah, berlandaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.

Visi  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adalah Menjadi institusi unggul dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dalam Ilmu dasar berlandaskan ajaran islam Ahlussunnah Wal-jama’ah (ASWAJA) An-Nahdliyah

Sedangkan visi PS- Biologi adalah Menjadi institusi unggul dalam menghasilkan ahli biologi yang profesional berlandaskan ajaran islam Ahlussunnah Wal-jama’ah (ASWAJA) An-Nahdliyah

Visi PS Biologi ini berkesinambungan dengan visi FMIPA dan UNISMA dalam Upaya menuju universitas unggul. Visi tesebut memberikan gambaran tentang masa depan yang dicita-citakan.

  1. 2.    Rumusan Misi Program Studi yang Diturunkan dari Misi Lembaga Misi UNISMA, yaitu
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, yang berpihak pada kemaslahatan umat menuju universitas berkualifikasi internasional (word class university).
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan akses pendidikan dan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.
  4. Mengembangkan manajeman universitas yang akuntabel dengan pencitraan publik dan tata kelola  yang baik (good university governance).

Misi Fakultas MIPA adalah :

(1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu  dasar yang aplikatif, inovatif.

(2) Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian inovatif berbasis ilmu dasar secara profesional serta mewujudkan  pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat.

Misi PS Biologi adalah :

(1). Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi biologi lingkungan yang aplikatif, inovatif, dan bertaqwa kepada Allah SWT berlandaskan ASWAJA An-Nahdliyah.

(2). Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian inovatif berbasis biologi lingkungan dan kearifan lokal tropis secara profesional serta mewujudkan pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat berlandaskan ASWAJA An-Nahdliyah.

  1. 3.    Rumusan Tujuan Program Studi yang Merujuk Tujuan Lembaga dan Merupakan Turunan dari Misinya

Tujuan lembaga adalah :

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan kemaslahatan umat.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan bertakwa yang mampu bersaing di era global.
  3. Menjadi universitass yang bertata kelola baik (Good University Governance)

Tujuan Fakultas MIPA Unisma adalah :

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) yang profesional
  2. Menyelenggarakan riset yang bermutu
  3. Menyebarluaskan hasil riset kepada masyarakat
  4. Mengajarkan pemanfaatan potensi-potensi alam
  5. Menghargai hak hidup semua (bentuk) kehidupan
  6. Mengajarkan pelestarian dan pemberdayaan Sumberdaya Alam bagikehidupan berkelanjutan
  7. Membentuk Insan trampil di bidang ilmu dasar (akademik-profesional) dan produktif.

Tujuan Program Studi:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki kompetensi biologi yang professional berbasis lingkungan yang aplikatif, inovatif dan bertaqwa kepada Allah SWT berlandaskan ASWAJA An-Nahdliyah
  2. Menghasilkan penelitian inovatif berbasis biologi lingkungan dan kearifan lokal tropis secara profesional berlandaskan ASWAJA  An-Nahdliyah
  3. Menghasilkan pengabdian yang berkelanjutan berbasis hasil penelitian dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat

 

  1. 4.        SASARAN PROGRAM STUDI

Sasaran Program Studi Biologi Unisma adalah

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas generasi muda penerus bangsa pada tingkat sarjana yang memiliki kompetensi biologi berbasis lingkungan yang aplikatif, inovatif dan bertaqwa kepada Allah SWT serta mempersiapkan calon mahasiswa yang akan melanjutkan ke jenjang Pascasarjana berlandaskan ASWAJA  An-Nahdliyah
    1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa serta publikasi ilmiah
    2. Meningkatkan peran aktif dalam membantu pemecahan masalah pada beberapa lapisan masyarakat di bidang biologi skala regional nasional dan internasional.

 

6. Rumusan Sasaran Program Studi yang Relevan dengan Misinya 

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan, maka disusun beberapa sasaran:

  1. 1.    Sasaran Aspek Pendidikan

Dalam aspek pendidikan PS Biologi merumuskan sasaran sebagai berikut :

(a)    Meningkatkan IPK lulusan, dengan indikator 50% rata-rata IPK lulusan ≥ 3.15 (2013), 55 % IPK lulusan ≥ 3.15 (2014), 60 % IPK lulusan ≥ 3.15 (2015) dan 65 % IPK lulusan ≥ 3.15 (2016)

(b)   Meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu, dengan indikator 78,57 % lulus tepat waktu (8 semester) (2013), 40 % (2014), 50 % (2015), dan 60 % (2016)

(c)    Menurunkan rata-rata masa tunggu mendapaat pekerjaan pertama, dengan indikator adalah 6 bulan (2013), 5,5 bulan (2014), 5 bulan (2015) dan 4,5 bulan (2016).

Strategi yang dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan di bidang pendidikan dilakukan dengan cara:

 

  1. 2.    Sasaran Aspek Penelitian

Dalam aspek penelitian PS Biologi merumuskan beberapa sasaran sebagai berikut:

(a) Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, dengan indikator 2 proposal dosen di danai Dikti, ≥ 2 skim penelitian, 3 proposal (2014), 4 proposal (2015), dan 5 proposal (2016)

(b) Meningkatkan kualitas penelitian penelitian yang dilakukan mahasiswa, dengan indikator 3 proposal mahasiswa didanai Dikti ≥ 2 skim Penelitian (2013), 4 proposal (2014), 5 proposal (2015), 6 proposal (2016)

(c) Meningkatkan kualitass tugas akhir (skripsi) dengan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen, dengan indikator 10 % mahaiswa tahap akhir terlibat dalam penelitian dosen (2013), 12 % mahasiswa (2014), 15 mahasiswa (2015), dan 20 % (2016)

(d)Meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah mahasiswa dengan indikator 100 % dipublikasikan dalam jurnal ilmiah lokal ber ISSN (2013), 5 % jurnal ilmiah nasional (2014), 10 % (2015) dan 15 % (2006)

Strategi yang dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan di bidang penelitian dilakukandengancara:

  1. 3.    Sasaran Aspek Pengabdian kepada masyarakat

Sasaran aspek pengabdian kepada masyarakat PS Biologi merumuskan beberapa sasarn sebagai berikut :

(a)    Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian dosen, dengan indikator 2 proposal pengabdian dosen di danai Dikti dalam 1 skim pengabdian, 2 proposal (2014), 3  proposal (2015), dan 4 proposal (2016),

(b)   Meningkatkan kuantitas dankualitas pengabdian pada masyaakat yang dilakukan mahasiswa, dengan indikator 2 proposal pengabdian /kewirausahaan mahasiswa didanai Dikti (2013), 1 proposal (2014), 2 proposal (2015), dan 3  proposal (2016).

Strategi yang dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan di bidangpengabdian kepada masyarakat:

  1. 4.    Analisis Keterkaitan antara Visi, Misi, Tujuan dan sasaran Program Studi

Program studi memiliki tujuan dan sasaran dengan rumusan yang jelas, spesifik, relevan kdengan visi dan misinya. Tujuan dan sasaran tersebut diatas direfleksikan dalam bentuk outcomes program studi lulusan, hasil penelitian, dan pelayanan masyarakat dan didukung dengan dokumen-dokumen yang lengkap.

Pernyataan- pernyataan tersebut telah menjadi milik bersama seluruh komponen pengelola dan institusi (civitas akademika dan tenaga kependidikan), tetapi belum didimplementasikan serta diwujudkan melalui strategi-strategi dan kegiatan terjadwal dalam program studi. Standar ini menjadi acuan bagi seluruh kegiatan penyelenggaraa PS.