Profil

Sejarah

Diperbaharui tanggal: 25 Juli 2017

Sejarah dan Perkembangan Fakultas MIPA UNISMA

            Universitas Islam Malang (UNISMA) didirikan pada tanggal 27 Maret 1981. Pendirian Perguruan Tinggi dibawah naungan Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama ini didasari keinginan masyarakat dan cendekiawan akan adanya perguruan tinggi Islam yang berkualitas dan mandiri, sekaligus dalam rangka ikut berpartisipasi mensukseskan pembangunan nasional bidang pendidikan.

            Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) diantara 10 fakultas di Unisma didirikan pada tanggal 15 Desember 1989 dengan landasan kepentingan perlunya fakultas yang mengajarkan ilmu-ilmu dasar untuk menunjang ilmu-ilmu terapan di lingkungan Universitas Islam Malang (UNISMA). Berdirinya FMIPA diharapkan dapat mendidik mahasiswa yang berjiwa keislaman, menguasai ilmu dasar yang berguna untuk masa depan bangsa dan Negara Indonesia.

            FMIPA berusaha meningkatkan civitas akademika FMIPA khususnya dan Universitas Islam Malang pada umumnya supaya memiliki dan mampu meningkatkan kemampuan akademik di bidang basic science atau ilmu dasar serta meningkatkan ilmu pengetahuan bagi mereka yang bergerak di bidang ilmu dasar dan teknologi melalui Tri Dharma perguruan tinggi untuk mencapai sunnatullah atau hukum alam yang diciptakan oleh Allah SWT yang berlandaskan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaáh An-Nahdliyah.

            Ijin operasional jurusan Biologi FMIPA Unisma diperoleh dengan status terdaftar dengan SK Mendikbud No.: 0797/0/89 tanggal 15 Desember 1989 dan  status diakui No. 119/Dikti/Kep/1999. Terakriditasi dengan SK Dirjen Dikti Nomor 014/BAN-PT/AK-IV/VII/2000, Terakriditasi dengan sertifikat dari BAN PT No.: 06859/Ak-VIII-S1-043/UIMBLI/X/2004 tanggal 15 Oktober 2004. Pada Saat ini terkareditasi dengan nomor: 800/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015 tanggal 15 Agustus 2015 dengan Akreditasi B.

__________________________________________________________________________________________

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Islam Malang