Informasi

Mahasiswa Biologi UNISMA Terjun ke Pantai Kondang Merak untuk Belajar dengan Alam

Rabu, 10 Juli 2019 - 17:14 WIB
Diposting oleh: admin - Kategori: Kampus

Mahasiswa Biologi Unisma melakukan praktikum lapang Matakuliah Taksonomi Invertebrata (TI) dengan dosen pengampu Hasan Zayadi, S.Si, M.Si di Pantai  Kondamg Merak Malang, (Sabtu-Minggu 6-7/7/2019.)

Kegiatan praktikum lapang merupakan kegiatan wajib di mata kuliah Taksonomi Invertebrata.

Selain kegiatan praktikum di laboratorium, mahasiswa juga diwajibkan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan dengan harapan agar mahasiswa lebih memahami kondisi habitat yang sesungguhnya dari Taksonomi Invertebrata.

Praktikum lapang ini merupakan salah satu bentuk implementasi secara teoritis dan memberikan wawasan kepada seluruh mahasiswa tentang kondisi alam yang sebenarnya, ujar dosen pengampu matakuliah TI.

Sejumlah 110 mahasiswa Biologi mengikuti kegiatan praktikum lapang dengan asisten dan  pendamping lapangan sebanyak 6 orang. Pengamatan ini harus  menyesuaikan dengan alam dan benar-benar tahu kondisi pantai kapan pasang dan surutanya. Mahasiswa harus terjun ke pantai untuk mengamati biota laut secara langsung ketika air sudah surut, ujar hikam selaku asisten matakuliah TI.

 

Suasana pantai kondang merak  membuat para pengunjung senang dengan ombak yang saling bertabrakan dan ditambah wira-wirinya mahasiswa unisma sedang pengamatan biota laut. Pak widoyo salah satu wisatawan  yang menyapa mahasiswa dan ikut serta dalam mengamati terumbu karang yang ada di bibir pantai kondang merak, selama ini saya menggap bahwa terumbu karang itu adalah batu, ternyata termasuk hewan, ujarnya.

Firman selaku ketua panitia dalam kegiatan praktikum lapang mengajak kepada teman temannya untuk selalu menjaga kelestarian alam dan saling menjaga konservasi lingkungan khususnya biota laut. Sekejap kita bisa membuat rusak terumbu karang tapi setahun blm tentu kita bisa menyembuhkannya, ujar Firman dalam evaluasinya. (Argus)