Informasi

Mahasiswa MIPA Unisma mengunjungi Rumah Herbal PKKM Baznas Kota Malang, untuk mempelajari pengolahan

Senin, 05 Juni 2017 - 09:45 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Rumah herbal yang ditangani PKKM menjadi bahan perbincangan di kalangan akademisi di Kota Malang. Baznas Kota Malang kini kedatangan 35 mahasiswa MIPA Universitas Islam Malang. 

Mahasiswa yang dibimbing oleh Dr. Nur Athiroh tersebut mempelajari bagaimana pengolahan herbal di Rumah Herbal yang ditangani Kube PKKM.

Kube PKKM merupakan komunitas masyarakat Pendamping Kemandirian Kesehatan Masyarakat, binaan Baznas Kota Malang.

sebagai komunitas yang mendamping Lansia, kata Dr. Erna Susanti, M. Biomed., Apt, Kube PKKM memiliki tupoksi untuk memproduktifkan masyarakat Lansia yang didampingi.

Dengan cara memberikan bibit rosela dan kelor, Lansia menjadi banyak bergerak untuk perawatan dan memiliki hiburan yang produktif. Lanjut Konsultan Kesehatan Baznas, saat memberikan penjelasan pada mahasiswa Jurusan MIPA tersebut.

Hasil penanaman selanjutnya diproduksi oleh Kube PKKM menjadi asupan komplimenter kesehatan Lansia Binaan. Dengan demikian, maka kemandirian sudah mulai tercipta. Masyarakat menyadari kepentingan kesehatannya dan tidak lagi bergantung pada obat.

"Pada jangka panjang, tentu pola ini akan memberikan kontribusi besar terhadap berkurangnya masyarakat Lansia sakit dan tidak produktif," kata Erna mengakhiri penjelasannya.(*)