Informasi

BIOLOGI FMIPA UNISMA MENGIKUTI RAKORNAS KONSORSIUM BIOLOGI INDONESIA (KOBI)

Jumat, 12 Mei 2017 - 10:32 WIB
Diposting oleh: 21501061028 - Kategori: Kampus

        Program Studi Biologi FMIPA telah menjadi anggota KOBI. KOBI merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi biologi dalam penguasaan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan sumber daya alam hayati (bioresources) secara optimal dan berkelanjutan bagi kesejahteraan umat manusia. KOBI melakukan kegiatan koordinasi, mediasi, dan pembangunan jaringan di bidang biologi. Dekan FMIPA Ir. Hj. Tintrim Rahayu, M.Si. pada 4-5 Mei 2017 lalu telah mengikuti kegiatan rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) KOBI yang diselenggarakan di Bogor.

Kegiatan RAKORNAS KOBI dibuka oleh Direktur P2M Kemenristekdikti Prof. Dr. Ocky Larna Radjasa, M.Sc. yang diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia dengan enam agenda pokok. RAKORNAS  membahas penyelenggaraan seminar internasional yang akan diselenggarakan di Medan, kurikulum sarjana dan pascasarjana, kurikulum dan capaian pembelajaran program studi bioteknologi dan profesi biologi, pengembangan kerjasama jurnal ilmiah bidang Biologi dan pendidikan Biologi serta akreditasinya, program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti tahun 2017, serta peluang kerjasama-kerjasama penelitian di bidang Biologi dan Pendidikan Biologi. Direktur P2M Kemenristekdikti juga memberikan tips penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Kemenristekdikti tahun 2017.

Prof. Dr. Rosichon Ubaidilah dari LIPI dalam acara RAKORNAS KOBI memaparkan tentang capaian pembelajaran dan kurikulum profesi biologi (level 7). Beliau menegaskan bahwa saat ini lulusan Biologi dapat diserap di berbagai instansi, akan tetapi lulusan biologi belum dirumuskan secara jelas. Hal ini menjadi “pekerjaan rumah” bagi KOBI dan tantangan bagi program studi Biologi FMIPA UNISMA  untuk selalu berinovasi di bidang biologi dan menyempurnakan kurikulum program studi Biologi.

KOBI juga melakukan aktivitas mendaftar Jurnal Biologi milik program studi seluruh Indonesia. E-jurnal Ilmiah Biosaintropis milik Biologi FMIPA UNISMA telah didaftarkan dengan  tujuan untuk  melakukan pertukaran artikel dan indexing versi KOBI. Jurnal Biosaintropis FMIPA Unisma dalam waktu dekat akan menerima kodefikasi dan akses web tersebut. Jurnal yang terdaftar akan dikelompokkan berdasarkan kualitas dan bahasanya, kemudian pertukaran akan dilakukan dalam satu kelompok yang sama. Proses pendaftaran sampai saat ini masih berlangsung.

            Selain aktif di dalam kegiatan KOBI,  Biologi FMIPA UNISMA juga memperkenalkan dan menjual produk hasil teknik Oshibana. Teknik Oshibana sendiri disajikan untuk menjawab permasalahan di bidang pengawetan dan koleksi herbarium yang mana warna dari herbarium tersebut terlalu cepat berubah. (RDL)