Informasi

Mengaktifkan Riset Unggulan dan Pengabdian MIPA Melalui Kelompok Kajian Bersama Mahasiswa

Kamis, 04 Mei 2017 - 08:52 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Malang, (03/05/17) Dekan Fakultas MIPA telah meresmikan kelompok kajian pada tanggal 19 April 2017. Untuk mengaktifkan kelompok kajian

Ibu Nour Athiroh AS  melakukan sosialisasi dan sharing dengan mahasiswa MIPA pada tanggal 03 Mei 2017. Dihadiri oleh mahasiswa semester 2, 4, dan 6. Dalam penyampaiannya ibu Athiroh menjelaskan  ada 3 tema kelompok kajian sesuai dengan hasil rapat dan SK Dekan.

1. Biologi Lingkungan / Biolingk (koordinator Bpk. Hasan Zayadi, S.Si., M.Si.).

2. Biologi Teknologi / Biotek (koordinator Bpk. Ir. Achmad Syauqi, M.Si.).

3. Biologi Medik / Biomedik (koordinator ibu Dr. Nour Athiroh AS., S.Si., M.Kes.).

Kelompok kajian ini akan menghasilkan luaran pohon penelitian & pengabdian Dosen sesuai dengan RIP & Renstra LPPM. Sebelum kelompok kajian dimulai, dosen mempresentasikan  fishbone dan roadmap riset unggulan & pengabdian kepada mahasiswa. Manfaat kelompok kajian akan mempertajam Softskills daya nalar mahasiswa sehingga menghasilkan ide kreatif & inovatif. Ide tersebut akan memunculkan proposal bersifat akademik dan non akademik.

Proposal non akademik misalnya:

1. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

2. LKTI ( Lomba Karya Tulis Ilmiah)

3. Lomba Poster

4. PHBD ( Program Hibah Bina Desa)

5. Lomba essay, Dll

Adapun ide untuk proposal yang bersifat akademik misalnya : praktikum, PKL,  Skripsi, artikel ilmiah.

Kelompok kajian ini akan didampingi oleh Dosen MIPA sesuai dengan minat. Harapan dari kelompok kajian ini akan memperuncing ide bagi mahasiswa dan dosen. Dosen membuat pohon penelitian dengan melibatkan mahasiswa dalam penelitian. Disamping itu membuat agenda pengabdian pada masyarakat melibatkan mahasiswa.  Pelaksanaan kelompok kajian dengan melakukan diskusi rutin tiap minggu sekali secara lisan atau presentasi di depan forum. Waktu pelaksanaan Kelompok kajian selama 1.5 jam, adapun  tempat kegiatannya telah dikoordinir oleh ibu Dr. Ratna Djuniwati L., M.Si. selaku ketua Pusat Studi Kelestarian dan Keseimbangan Lingkungan (PUSDI-K2L) Fakultas MIPA.

Pada akhir presentasinya bu Athiroh mengajak mahasiswa MIPA untuk berperan aktif dalam kelompok kajian dengan menggandeng oraganisasi kemahasiswaan seperti BEM, Himaprodi Biologi, & DPMF. Bu Athiroh juga menegaskan mari kita mengkaji ilmu biologi (aqliyah) dan diintegrasikan dengan nilai keislaman (naqliyah). (ATH)