Informasi

Mahasiswa Biologi FMIPA UNISMA Praktikum Lapang di Bangsring Underwater Banyuwangi

Selasa, 25 April 2017 - 12:24 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Banyuwangi, (23/04/ 2017) Mahasiswa Biologi semeater 2 dengan jumlah mahasiswa 72 orang telah melakukan praktikum lapang matakuliah Taksonomi Invertebrata (TI) dan Taksonomi Tumbuhan I (TT I) di Bangsring Underwater (BUNDER) Banyuwangi yang di dampingi oleh  2 orang Dosen ( Dr. Nour Athiroh AS., S.Si, M.Kes dan Hasan Zayadi, S.Si, M.Si) serta 5 asisten, 3 asisten dari TI (Argus, S.Si. Qomariah dan Mifta) dan 2 asisten dari TT (Ihsan, S.Si dan khoirullah S.Si).

Kegiatan praktikum lapang adalah salah satu bentuk implementasi secara teoretis. Praktikum Lapang juga  merupakan salah satu kegiatan proses belajar mengajar yang mempunyai
tujuan untuk menambah kompetensi mahasiswa secara langsung serta
memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kondisi alam yang sebenarnya, mahasiswa  tidak hanya menerima materi di bangku kuliah saja, tapi mereka bisa mendapatkan ilmu  secara teoretis keadaan di lapangan.

Praktikum lapang TI & TT I harus benar-benar menyesuaikan dengan kondisi alam karena di lakukan di pantai,  mahasiswa harus terjun ke pantai untuk mengamati biota laut baik dari matakuliah TI ataupun TT I secara langsung ketika air sudah surut.

Dalam pengamatan ini semua kelompok harus mempunyai alat  snorkel dan alat pelampung minimal 2 serta camera underwater untuk mendokumentasikan biota laut dan di dampingi oleh 3 guide untuk menunjukkan dan memberikan penjelasan tentang lokasi terumbu karang yang ada di pantai bangsring.

Mahasiswa banyak menemukan terumbu karang dan anemon serta bisa melihat langsung secara kasap mata. Ikbal  selaku praktikan mengatakan bahwa "dengan praktikum lapang ini saya bisa paham bentuk dan kondisi terumbu karang yg sebenarnya. Yg awalnya saya cuma lihat di gambar-gambar dan di telivisi, pada praktikum kali ini saya bisa mengetahui langsung bentuk dan warna dari terumbu karang tersebut, sebelumnya saya mengira bahwa terumbu karang itu bukan hewan, saya mengenal terumbu karang dulu adalah batu biasa yg hanya berwarna putih saja. alhamdulillah saya masuk di biologi bisa mengetahui banyak hal khususnya biota laut dan saya juga menemukan anemon, anemon yang saya ketahui di praktikum lapang ini ternyata bisa  bergerak dan berwarana-warni.

Mahasiswa asal Pulau Kangean  Sumenep itu juga mengatakan bahwa dia juga ingin mengeksplor dan ingin memberikan penjelasan kepada masyarakat awam tentang terumbu karang agar masyarakat dapat menjaga kondisi biota laut yang ada di pulau kangean tersebut.

Dengan adanya praktikum lapang ini semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa biologi hususnya di mata kuliah TI dan TT I dan semoga bisa memanfaatkan ilmunya di bidang konservasi biota laut salah satunya adalah tentang budidaya terumbu karang dan alga. (Argus, S.Si).