Informasi

ANGKAT KNALPOT BERMASALAH MEMBAWA BERKAH

Kamis, 13 April 2017 - 08:36 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Suatu Kolaborasi yang cantik antara mahasiswa Fakultas MIPA (Jihan Farah Zakia & Fatur Rohman)  dan mahasiswa dari Fakultas Hukum (Firda Umi Kulsum) UNISMA berhasil mendapat dana dari Direktorat Simbelawa dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) tahun 2017 berpotensi  menuju PIMNAS 2017 bersama dosen Pendamping Dr. Nour Athiroh AS., S.Si., M.Kes.

Sinopsis PKM-M

Kota Malang merupakan pusat pendidikan, industri dan destinasi wisata di Jawa Timur. Dengan aktivitas yang padat, masyarakat Kota Malang yang lebih memilih kendaraan pribadi dari pada naik angkutan umum karena lebih fleksibel dan ekonomis. Bertambahnya volume kendaraan bermotor tidak diimbangi dengan pengetahuan masyarakat untuk memperhatikan keadaan knalpot kendaaraan yang digunakan. Berdasarkan survey hampir di setiap sudut jalan, ditemui pencemaran udara yang berasal dari knalpot. Wawancara dengan mahasiswa Universitas Islam Malang pengguna motor mengatakan bahwa menggunakan motor lebih efisien dan ekonomis karena menggunakan kendaraan umum terlalu banyak oper atau berpindah kendaraan umum.

Dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Kota Malang, maka perlu suatu aksi yang bersifat persuatif dan edukatif terhadap masyarakat mengeni bahaya asap knalpot kendaraan terhadap lingkungan yang diawali oleh Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) ini.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA & HMM Himpunan Mahasiswa Teknik UNISMA

Sosok Dosen Pendamping PKM

Kegigihan dalam melakukan pendampingan PKM sejak tahun 2005 sampai sekarang kepada mahasiswa lintas Fakultas membuat dosen Biologi FMIPA Unisma, Dr. Nour Athiroh AS., S.Si., M.Kes. hampir setiap tahun berhasil membimbing PKM & lolos didanai serta berpotensi menuju PIMNAS.

Untuk mewujudkannya tidak hanya puas menjadi dosen yang ‘hanya’ mengajar, tapi juga aktif menjadi pembimbing mahasiswa yang hendak mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar Dikti maupun kompetisi lainnya.  “Pembelajaran bisa dalam kelas maupun luar kelas, karena mencetak generasi emas tidak saja di kelas, akan tetapi ada integrasi antara soft skill, hard skill serta berakhlaqul karimah

Dr. Nour Athiroh AS. S.Si. M.Kes

sejak tahun 2005 – 2017 telah membimbing sekitar 60 proposal PKM berbagai skim yang diajukan ke Dikti, 15 di antaranya berhasil mendapatkan dana dan 6 lainnya berhasil masuk ke PIMNAS. Bahkan, pada tahun 2013 lalu salah satu mahasiswanya meraih juara favorit PKMP Pimnas XXVI di Universitas Mataram, NTB. PIMNAS, lanjutnya, merupakan event yang sangat didambakan oleh mahasiswa pecinta PKM. Bagi yang sudah didanai maka berpeluang masuk ke PIMNAS.

Mohon doanya semoga senantiasa istiqomah menggiring mahasiswa ke PIMNAS & semoga pula UNISMA semakin banyak menuju PIMNAS merupakan cita-cita mulia sebagai Koordinator PKM Corner UNISMA.

 

Dr. Nour Athiroh AS., S.Si., M.Kes. bersama tim PKM-M UNISMA 2017

 

*** YEL-YEL KARAKTER ILMAH ***

Oleh Dr. Nour Athiroh AS., S.Si., M.Kes.

Marilah kemari hey.. hey.. hey ..hey..…hey.. kawan

Karakter ilmiah hey.. hey.. hey.. hey….hey .. dahsyat

PKM Unisma  (dua kali tepuk tangan)

Mendulang PIMNAS (dua kali tepuk tangan)

 Unisma hebat..yeee..… (mengangkat jempol kedua tangan ke atas)

 

UCAPAN BERSAMA GERAKAN

PKM  (menyilangkan kedua tangan ke depan dada sambil tangan terkepal)

Unisma (mengangkat kedua tangan terkepal ke samping lurus kepala)

 Mencetak generasi (memutarkan kedua tangan di atas kepala tidak terkepal)

Emas (mengacungkan tangan kanan ke atas dengan terkepal)