Informasi

Sosialisasi Masa Transformasi dan Pengembangan Karakter bagi Mahasiswa Baru FMIPA UNISMA Tahun 2016

Jumat, 23 September 2016 - 08:56 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

UNISMA setiap tahunnya mengadakan kegiatan Masa Transformasi dan Pengembangan Karakter bagi Mahasiswa Baru (MASTER MABA) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Kegiatan tersebut diisi dengan praktik pembiasaan secara terus menerus yang dimaksudkan untuk melakukan penanaman karakter positif antara lain, sikap ilmiah, Islami, dan mengembangkan bakat dan minat. Kegiatan MASTER MABA ini dilaksanakan setiap hari Rabu pada pukul 06.00-10.00 WIB  sebanyak 9 kali pertemuan mulai dari tanggal 14 September-23 November 2016. Pembukaan diselenggarakan Rabu 06.00 WIB berlangsung hikmat dan lancar, dan peserta MASTER MABA telah berhasil membuat formasi tulisan yang indah yakni “UNISMA DARI NU UNTUK DUNIA”.

Formasi Tulisan yang Dibuat Peserta Master Maba Tahun 2016

 

Pelaksanaan MASTER MABA di Fakultas MIPA diikuti oleh 86 Mahasiswa. Pemateri kegiatan tersebut Ir. Hj. Tintrim Rahayu, M.Si (Dekan FMIPA) dan Ir. H. Saimul Laili, M.Si (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan).

Ir. Hj. Tintrim Rahayu, M.Si dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa mahasiswa baru merupakan salah satu bagian dari sumber daya manusia dan sekaligus aset bangsa dan kelak akan menjadi generasi penerus. Melalui kegiatan MASTER MABA ini diharapkan UNISMA dapat melahirkan generasi-generasi penerus dalam pembangunan bangsa yang utuh. Kegiatan ini perlu diikuti oleh seluruh mahasiswa baru untuk pengembangan karakter ilmiah, Islami, dan mampu melakukan aktualisasi bakat minat dan bakat agar menjadi sesosok insan yang utuh sebagai pribadi mampu bersaing dengan sesamanya dalam kancah kreativitas  keilmuan, olahraga dan seni dan akhlak mulia. Dekan FMIPA juga menegaskan bahwa UNISMA merupakan perguruan tinggi swasta yang mahasiswanya berasal dari berbagai daerah. Keragaman ini akan menjamin ketahanan, jika memiliki karakter positif. Karakter sangat diperlukan penyamaan persepsi dalam rangka mencapai visi pembelajaran di UNISMA. Karakter yang dikembangkan di dalam kegiatan MASTER MABA di FMIPA adalah  karakter ilmiah, karakter Islami, dan karakter ke- Indonesiaan.

Ir. H. Saimul Laili M.Si juga menegaskan bahwa UNISMA memiliki 3 model pengembangan karakter terintegritas bagi mahasiswa baru yang wajib diikuti dan menjadi prasyarat untuk kelulusan sarjana S1, yakni OSHIKA MABA, HALAQOH DINIYAH dan MASTER MABA. Kegiatan MASTER MABA ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai tujuan agar terjadi perubahan yang lebih baik lagi.(Siti Imama K./Dr. Ratna Djuniwati L., M.Si)

Penyajian Materi  MASTER MABA oleh Dekan FMIPA