Informasi

INOVASI MICROSCOPE PROJECTOR OLEH DOSEN FMIPA UNISMA

Selasa, 17 Mei 2016 - 13:25 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Drs. Hari Santoso, M.Biomed Dosen Fakultas MIPA UNISMA telah melakukan pengembangan microscope. pengembangan yang dilakukannya selama bertahun-tahun tersebut telah diperkenalkan di dalam acara FLIP MOOC (Massive Open Online Course) dan SIERRA.

Acara SEAMEO QITEP tersebut dilaksanakan di PPPPTK IPA di Jalan Diponegoro nomor 12 Bandung pada Hari Senin, 25 April 2016. PPPPTK IPA menjadi Institusi induk dari SEAMEO QITEP in Science. MOOC adalah kursus, bersifat terbuka untuk umum, pesertanya aktif partisipatif, materinya terdistribusi tanpa diskriminasi dan sejalan dengan pembelajaran seumur hidup secara berkelompok.

SEAMEO QITEP in Science telah dikunjungi oleh rombongan delegasi menteri-menteri pendidikan di Asia Tenggara diantaranya Menteri Pendidikan Brunei Darussalam, Menteri Pendidikan Timor Leste, Wakil Menteri Pendidikan Laos dan Vietnam, Menteri Sekretaris Negara Camboja dan Myanmar, Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur SEAMES dan para Direktur Jenderal dari masing-masing Negara juga para Direktur SEAMEO Centre yang ada di Indonesia. (Ratna Djuniwati L. (Dr., M.Si))


INOVASI BAYANGAN MIKROSKOP DINAMIS

Hari Santoso

harisantoso.m.biomed@gmail.com

LATAR BELAKANG

Pembuatan mikroskop manual menjadi mikroskop digital bertujuan

  • Memudahkan dalam proses pembelajaran
  • Menghasilkan bayangan dinamis
  • Mempermudah dalam penelitian hal-hal yang mikroskopis

Gambar mikroskop sederhana (Student)

Teknologi ini merupakan modifikasi micro camera digital mikroskop yang dihubungkan dg komputer melalui USB cable yang dapat dihubungkan dengan TV dan LCD Proyektor. Hasil teknologi ini akan mempermudah proses pembelajaran secara klasikal maupun keperluan presentasi hasil percobaan laboratorium atau penelitian di bidang Biologi, Kimia dan Fisika serta bidang kesehatan. Hasil teknologi ini merupakan karya anak bangsa, sudah direkomendasi Prof. DR. Sutiman B. Sumitro (ahli Biologi Sel Universitas Brawijaya, reviewer Dikti).

 Hasil  :

 

Gambar 1 : Ovarium katak

Gambar 2 : Spermatogenesis mencit

 

Hasil : Video rekaman Paramaecium sp.

Hasil : Video rekaman Epistylis sp.