Informasi

Praktikum Lapang Mata Kuliah Agama Islam Fakultas MIPA UNISMA

Selasa, 03 Mei 2016 - 11:34 WIB
Diposting oleh: SYAMSUDIN UNISMA - Kategori: Kampus

Fakultas MIPA Biologi Mengais Berkah Para Waliyullah

Pada dasarnya setiap Jurusan Eksakta tak pernah terlepas dari praktikum dan laporan. Baik praktikum di laboratorium maupun praktikum lapangan. Dan biasanya praktikum hanya untuk mata kuliah eksak saja. Namun ada yang berbeda dari praktikum lapang FMIPA Biologi UNISMA kali ini. Yaitu tepat pada 29-30 April 2016, telah terselenggara Safari Religi bersama seluruh keluarga Besar FMIPA Biologi UNISMA. Safari Religi tersebut juga disebut sebagai praktikum lapang Mata Kuliah Agama Islam yang diikuti mulai dari semester dua hingga semester delapan.

Perlu menjadi perhatian khusus bahwa jika pada umumnya setiap Universitas mengadakan mata kuliah Agama Islam hanya hingga semester tiga, namun berbeda dengan Universitas Islam Malang. Disetiap Fakultas UNISMA tanpa terkecuali FMIPA Biologi menyelenggarakan pembelajaran mata kuliah Agama Islam hingga semester enam. Dengan harapan lulusan UNISMA tidak cukup hanya cerdas intelektualnya saja tapi diimbangi dengan kecerdasan emosional dan spiritual.

Dan FMIPA dalam mendukung harapan tersebut mencoba mewujudkannya dalam bentuk Safari Religi. Safari tersebut merupakan salah satu program kerja Departemen Keagamaan BEMF MIPA Biologi yang pada tahun ini mengusung tema “Mengais Berkah Para Waliyullah”. Pada awal keberangkatan sebelumnya semua mahasiswa berkumpul untuk mendapatkan sedikit pengarahan dari Kemahasiswaan FMIPA yaitu Bpk. Ir. H. Saimul Laili, M.Si. Beliau juga berharap jika untuk tahun selanjutnya FMIPA bisa kembali mengadakan Safari Religi hingga ke Makam Waliyullah di Bali.

Rute pertama perjalanan Safari Religi ini yaitu menuju Makam Sunan Ampel yang ditempuh selama 2 jam dari Malang. Sebelum benar-benar tiba ke makam tersebut rombongan harus berjalan kaki menyusuri sebuah pasar yang terkenal dengan nama “Pasar Arab” dan bergegas sholat jamak akhir untuk shalat magrib dan Isya. Dari makam sunan Ampel perjalanan dilanjutkan menuju Makam Sunan Giri. Dan tepat pukul 22.25 rombongan sampai dan disambut dengan tingginya anak-anak tangga. Namun mahasiswa tetap semangat dan saling dahulu mendahului menuju puncak anak tangga. Malam semakin larut, perjalanan dilanjutkan menuju makam Sunan Maulana Malik Ibrahim kemudian Sunan Drajat dan shalat subuh dilaksanakan di Asmoro Qondi. Hembus angin laut yang terhampar di depan wilayah Asmoro Qondi menyambut rombongan pagi itu.

Dan akhir dari rute safari religi ini yaitu di Tuban, Makam Sunan Bonang. Tak lupa rombongan FMIPA singgah untuk menikmati kemegahan Masjid Agung Bonang yang dipelatarannya dihiasi payung-payung Raksasa seperti di Mesjid Nabawi. Azan dzuhur berkumandang menandakan berakhirnya perjalanan safari yang ditutup dengan shalat berjamaah di Masjid Raya Tuban.

Walau cukup letih sepulang safari religi. Kembali ke Malang semoga jiwa-jiwa seluruh mahasiswa FMIPA terpenuhi akan berkah dari bertawasul di Makan para Waliyullah. Aamiin… (Anna W. Fathiah)