Akademik

Penjaminan Mutu

Diperbaharui tanggal: 17 Desember 2016

Pengelolaan Mutu secara Internal pada Tingkat Program Studi (misalnya kajian kurikulum, monitoring dan mekanisme balikan bagi mahasiswa, dosen dan penguji eksternal)

Pelaksanaan penjaminan mutu di PS Biologi Unisma telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaannya antara lain dengan telah adanya Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di PS Biologi. Penjaringan umpan balik dan tindak lanjut juga telah dilaksanakan oleh GPM PS Biologi Unisma. Sumber umpan balik dari Dosen ke struktural  berupa adanya rapat rutin bulanan antara pimpinan dan dosen. Sumber umpan balik dari mahasiswa berupa lembar evaluasi mengenai proses pembelajaran , evaluasi hasil belajar dan terhadap dosen, sedangkan penguji eksternal pada umumnya dilakukan oleh pengguna lulusan. Hal tersebut kemudian dibahas dalam rapat akademik rutin. Umpan balik yang terjaring telah digunakan untuk perbaikan kurikulum, pelaksanaan proses pembelajaran, dan peningkatan kegiatan program studi serta peningkatan daya saing lulusan.

Hubungan dengan Penjaminan Mutu pada Tingkat Lembaga

Berdasarkan SK Dekan No. 290/L.6 /U.VI /XI/2013 tentang pergantian personil Gugus Penjaminan Mutu (GPM) PS Biologi. GPM PS Biologi bertanggung jawab kepada dekan dan berkoordinasi dengan UPM tingkat Fakultas dan PPM Unisma secara vertikal. Selain itu, GPM PS Biologi juga berkonsultasi, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan unit/lembaga di lingkungan Universitas secara horizontal.

Upaya penjaminan mutu dilakukan dengan menyusun dokumen mutu (spesifikasi PS Biologi, profil lulusan dan SOP) dan memperbaiki aturan-aturan yang berkaitan dengan kehidupan akademik mahasiswa antara lain: tata tertib ujian, ketentuan ujian skripsi, panduan penulisan skripsi, sistem dan prosedur skripsi, tata tertib perkuliahan dan sitem penilaian. Dokumen mutu telah disyahkan Dekan, sedangkan beberapa aturan ini dicantumkan pada buku pedoman akademik yang dibagikan kepada para mahasiswa baru dan diinformasikan di web fakultas MIPA dan papan pengumuman. GPM PS Biologi dalam melakukan aktivitas penjaminan mutu internal berkoordinasi dengan PusatbPenjaminan Mutu (PPM) di tingkat universitas, begitu juga sebaliknya didalam implementasi program PPM juga melibatkan GPM PS Biologi sehingga terjadi penjaminan mutu internal secara berkelanjutan. Dalam penjaminan mutu secara eksternal melalui BAN-PT juga dilakukan pendampingan dalam penyusunan borang oleh PPM sehingga kinerkja PS Biologi dapat disampaikan secara komprehensif. Hasil penjaminan mutu eksternal (BAN-PT) untuk PS Biologi dan Unisma hingga penyusunan evaluasi diri ini.

Dampak Proses Penjaminan Mutu terhadap Pengalaman dan Mutu Hasil Belajar Mahasiswa

Penyelenggaraan program penjaminan mutu memberikan dampak pada penciptaan iklim proses belajar yang kondusif, bervariasi dan bermutu. Output akhir adalah lulusan yang lebih berkualitas, mandiri dan memiliki daya saing yang tinggi di dunia kerja. Dalam proses ini terlihat lulusan lima tahun terakhir rata- rata IPK lulusan 3,15. Dengan IPK rata-rata per-angkatan pada tiga tahun terahir sebagai berikut : angkatan 2010/2011 IPK rata-rata 2,99 dan masa studi 9,38 semester, angkatan 2011/2012 IPK rata-rata 2,90 dan masa studi 9,55 semester, angkatan 2012/2013 IPK rata-rata 3,15 dengan lama masa studi 9,45semester . 2013/2014 IPK rata-rata 3,18 dengan lama masa studi 8 semester.Dari angka-angka tersebut terlihat bahwa terjadi peningkata IP dengan lama studi yang semakin menurun.