Menu Close

Oshika maba FMIPA UNISMA 2022 : Aktualisasi Pendidikan Karakter Sebagai Pembentuk Generasi Emas Menuju Kampus Humanis, Edukatif dan Religius

Penyambutan mahasiswa baru melalui kegiatan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (OSHIKA) Maba tahun akademik 2022/2023 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unisma telah diselenggarakan pada hari selasa-rabu, 13-14 September 2022 secara luring di hall Syaichona Cholil (Gedung B2) UNISMA. Pada kegiatan ini diikuti oleh 54 mahasiswa biologi angkatan 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru program studi Biologi FMIPA dan membekali mahasiswa baru tentang keunggulan fakultas. Pada pembukaan OSHIKA MABA FMIPA UNISMA 2022 terdapat kegiatan yang meliputi penayangan video profil fakultas, sambutan ketua pelaksana, ketua BEM FMIPA, dan sambutan sekaligus pengenalan dosen, karyawan dan ormawa Unisma yang disampaikan oleh Dekan FMIPA, Ibu Dr. Dra. Ari Hayati, M.P yang kemudian pembukaan ditutup dengan doa oleh bapak Ir. H. Saimul Laili, M.Si.

Materi pembekalan yang disampaikan kegiatan ini yaitu yang pertama layanan administrasi, keuangan dan fasilitas mahasiswa yg disampaikan oleh Wakil Dekan 1, Ibu Dr. Ratna Djuniwati Lisminingsih, M.Si. Pada materi selanjutnya yaitu sistem akademik dan pembelajaran (system IT dan sisfo kampus), MBKM yang disampaikan oleh ketua prodi biologi bapak Hamdani Dwi Prasetyo, S.Si., M.Si kemudian materi dengan judul sosialisasi pembinaan kemahasiswaan, penghargaan prestasi mahasiswa, PKM, PPK ormawa, P2MW, IWDM, Ekuivalensi Kegiatan mahasiswa, beasiswa, master maba yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nurul Jadid Mubarakati, S.Si., M.Si. Materi pengenalan fungsionaris, sosialisasi program kerja dan keunggulan ORMAWA tingkat Fakultas dan Prodi juga dipresentasikan melalui video kreatif yang menarik. Materi highlight kali ini merupakan materi yang penting untuk bekal maba yaitu materi pencegahan dan penanggulangan intoleransi dan gerakan anti radikalisme, anti kekerasan seksual, dan anti perundungan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nour Athiroh Abdoes Syakoer, S.Si., M.Kes, materi dengan judul pendidikan tinggi di era 4.0 dan meraih sukses belajar di perguruan tinggi serta menjadi lulusan yang berdaya saing dan berdaya komparasi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Husain Latuconsina, S.Pi., M.Si. serta materi berjudul kesadaran lingkungan hidup, manajemen risiko, dan kampus sehat yang disampaikan oleh Bapak Ir. H. Saimul, M.Si. tidak hanya teori dan wacana saja, mahasiswa baru juga diajak Campus Tour yang mana bertujuan untuk mengenalkan pada mahasiswa prodi Biologi mengenai tempat yang akan sering dikunjungi seperti laboratorium pusat, laboratorium anggrek (orchid), perpustakaan pusat dan Taman Al-Qur’an. Setelah penampilan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh kakak-kakak BSO, panitia oshika fakultas sangat mengapresiasi maba dengan memberikan hadiah bagi peserta terbaik. Semoga mahasiswa baru angkatan 2022 ini mencetak mahasiswa yang berprestasi, dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan betah di fakultas mipa, Aamiin.