Menu Close

Optimalisasi Peran Saintis Muda Yang Intelektual, Kreatif, Inovatif sebagai Generasi Penerus Bangsa melalui DKM-BKL

Pada Jumat-Sabtu, 10-11 Juni 2022, Fakultas MIPA UNISMA mengadakan kegiatan Diklat Kepemimpinan Mahasiswa-Bhakti Karya Lingkungan (DKM-BKL) 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, daring melalui zoom meeting dan luring yang dilaksanakan di Wisata Winong. Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta mahasiswa biologi angkatan 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang mandiri dan bertanggung jawab bagi mahasiswa baru khususnya di Fakultas MIPA.

Materi kegiatan ini meliputi Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM), Bela Negara, dan Bhakti Karya Lingkungan (BKL) dengan menghadirkan 13 pemateri yang cakap pada bidangnya. Beberapa pemateri yang mengisi kegiatan Diklat Kepemimpinan Mahasiswa-Bhakti Karya Lingkungan (DKM-BKL) antara lain, Dr. Muhammad Yunus, S.Pd., M.Pd yang mengisi materi Ke-UNISMAan, Dr. Nurul Jadid Mubarakati, S.Si, M.Si yang mengisi materi Administrasi Kemahasiswaan di UNISMA, Hamdani Dwi Prasetyo S.Si, M.Si yang mengisi materi Organisasi Kemahasiswaa di Unisma, Muhammad Atho’illah S.Si yang mengisi materi Pengantar Kepemimpinan dan Kepemimpinan, Dr. Imam Wahyudi Karimullah, S.S., MA, yang mengisi materi Manajemen dan Keprotokoleran, Dr. Ratna Djuniwati, M.Si. yang mengisi materi Muatan Fakultas, Heri Santoso S.Si yang mengisi materi The Exsistence Of Biology Student In The World, Dr. Arfan Kaimudin, SH., MH yang mengisi materi Pendidikan Atau Gerakan Anti Radikalisme, Dr. Husain Latuconsina, S. Pi., M. Si. Yang mengisi materi Pendidikan Norma, Etika, Pembina, Karakter, dan Soft Skills Mahasiswa, Nursita Afifah, S.Psi., yang mengisi materi Kampanye Pencegahan Kekekrasan Seksual dan Perundungan (Bullying)), Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S. Si, M.Kes yang mengisi materi Pendidikan atau Gerakan Anti Penyalah Gunaan Napza, Faisol, S.H., M.H., yang emngisi materi Pendidikan tau Gerakan Anti Korupsi, dan Agus Mohammad Hikam S.Si  yang mengisi materi Kampanye Kampus Sehat/ Green Campus.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMAPRODI) Biologi Fakultas MIPA UNISMA dan di dukung oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), juga Badan Semi Otonom (BSO) diikuti dengan sangat antusias oleh peserta. Kegiatan Bhakti Karya Lingkungan (BKL) dilakukan dengan masing-masing kelompok menanam bunga sesuai dengan nama kelompok di sekitar Wisata Winong, setelah itu mahasiswa menulis klasifikasi dan mempresentasikan bunga yang telah ditanam.

Setelah materi kegiatan Diklat Kepemimpinan Mahasiswa-Bakti Karya Lingkungan (DKM-BKL) selesai, peserta mengikuti kegiatan Outbond yang telah dirancang oleh panitia untuk menghilangkan penat selama mengikuti kegiatan. Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah jembatan bagi mahasiswa satu angkatan, maupun lintas angkatan menjadi lebih akrab dan solid. Juga dapat menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat dengan dosen-dosen khususnya Fakultas MIPA UNISMA. Linggar Nirwana, Nella Vede, dan Ismarotun Misbahul Alim meraih predikat peserta terbaik selama kegiatan Diklat Kepemimpinan Mahasiswa-Bhakti Karya Lingkungan (DKM-BKL) 2022. Sedangkan yang meraih kelompok terbaik yaitu kelompok Ixora coccinea yang beranggotakan Devana Rahma Aldina, Adiva Asalimusofa, Hilda Jihan Maulida, Shinta Nuriyah Wahidah, Anisatul Rofiidah, Sabilatul Mufarrohah, dan Linggar Nirwana