Menu Close

Mencapai Puncak Mahabbah Untuk Baginda Nabi, Sebagai Proklamir Religius tradisi Diba’ Kampus NU

Unisma Malang. Badan Eksekutif  Mahasiswa  (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Malang mengadakan acara Sholawat  Maulid  Nabi dan Santunan Anak Yatim pada Kamis Malam (04,11). Kegiatan dilangsungkan di Masjid Ainul Yaqin untuk memperingati Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW.  bersama  dengan Majlis Sholawat  Ainul Yaqin sebagai pemandu sholawat yang sebagian besar anggotanya adalah santri pondok kampus Ainul Yaqin.

Acara Maulid Nabi dan Santunan Anak Yatim berlangsung  khidmat  dan sukses. Walaupun terdapat kendala hujan deras serta masa pandemi yang tak kunjung surut. Hal ini  tidak luput dari peran panitia dan kehadiran tamu undangan. Beberapa yang hadir diantaranya keluarga besar Fakultas MIPA serta perwakilan tamu undangan yakni dibatasi kurang dari dua puluh orang sesuai protokol kesehatan  yang ditetapkan oleh pihak tempat acara. Tidak hanya itu, susunan  acara juga berperan  dalam kesuksesan acara tersebut. Dimulai dari pembukaan, sambutan, serta acara inti berupa pembacaan Diba’ bersama dan santunan anak yatim. Hal inilah yang menjadi bagian dari proklamir suksesnya acara.

Acara tersebut berlangsung  khidmat serta memenuhi protokol kesehatan seperti  memakai masker, menjaga jarak, serta membawa handsinitser. Kemudian para hadirin merupakan mahasiswa serta beberapa warga yang diketahui telah melakukan vaksin covid-19 dan tidak dalam keadaan sakit. Hal ini menjadi syarat kelayakan berlangsungnya acara.

Adapun Tujuan dari acara ini  tidak hanya menjadi ajang tanggung  jawab progres semata, tetapi sebagai bentuk ajakan untuk ingat dan semakin dekat dengan Sang Baginda Nabi, sesuai dengan tema acara ‘Mencapai puncak Mahabbah Untuk Baginda Nabi’.

“Saya turut bangga menjadi bagian dari acara ini, karena menjadi pelopor atau proklamir dalam kebaikan yang menurut saya mudah direncanakan tetapi  sangat sulit dilakukan. Apalagi mengingat Diba’ ini  adalah tradisi dan sebagian dari identitas NU. Kadang rencana matang sekalipun kalau tidak ada niat dari para hadirin untuk melaksanakan sholawat bersama ini, maka acara ini berlangsung sia-sia. Saya harap teman-teman dan hadirin bisa lebih antusias lagi untuk senantiasa menebar kebaikan”, Ucap Firman selaku Ketua BEM FMIPA UNISMA saat sambutan berlangsung. Acara ini juga menjadi pendorong untuk  meningkatkan cinta kepada Nabi SAW.  serta mempererat persaudaraan bagi sesama muslim. Sholawat  bersama  dengan anak yatim serta hadirin juga  dapat menjadi pemandu  keberkahan untuk mendapat syafaat  dari sang nabi. Hal ini menjadi poin utama harapan yang  telah  direncanakan serta bagian dari kampus Nahdatul Ulama’ sebagai tradisi dan identitas Universitas Islam malang,  khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai  pelopor acara. (Pewarta : Nuri Lailatul Istiqomah)

× Apa yang dapat kami bantu?